Home » » Cara Memilih Minyak Brewok Terbaik dan Sesuai Untuk Kebutuhan

Cara Memilih Minyak Brewok Terbaik dan Sesuai Untuk Kebutuhan

OmBrewok.com | Sunday, January 10, 2016

Apa itu minyak brewok yang terbaik dan apakah benar-benar manjur? Bagaimana Anda bisa tahu bahwa minyak brewok merek "X" adalah yang terbaik untuk menumbuhkan dan merawat brewok?

Okay, kita mulai dari sini dulu. Bahwa ada begitu banyak jenis kulit, rambut wajah (facial hair) dan kebutuhan masing-masing individu yang berbeda. Bagaimana Anda bisa bahkan menganggap bahwa Anda telah menemukan minyak brewok yang "terbaik" di antara ribuan produk minyak brewok yang variasinya lebih banyak lagi?

Jadi, apa sebenarnya minyak brewok itu?
Seharusnya dari namanya saja Anda memahami bahwa minyak brewok adalah minyak yang digunakan untuk menumbuhkan dan merawat brewok Anda.
Minyak brewok biasanya campuran antara minyak dasar yang sering disebut dengan "Carrier Oils" dan minyak esensial atau "Essentials Oils". Yang diantaranya, Anda juga akan menemukan banyak minyak brewok yang mengandung wewangian dan vitamin bagi rambut wajah (brewok).

Bahan dasar yang berbeda pada setiap jenis minyak brewok maka akan menawarkan sifat yang berbeda pula bahkan sifat yang berhubungan dengan udara dan aroma. Minyak brewok yang lain mungkin memiliki bahan-bahan dasar yang akan memberikan efek positif bahakan negatif bagi beberapa kondisi kulit, seperti wajah yang rentan akan kering atau bermasalah dengan jerawat.

Terdiri dari apa saja bahan minyak brewok?

Seperti sudah saya urai diatas, minyak brewok terdiri dari campuran minyak dasar (minyak pembawa) sebagai carrier oils dan minyak esensial. Carrier oil biasanya menjadi bahan dasar dalam volume yang lebih besar dalam campuran minyak brewok tersebut, yang juga disebut sebagai minyak operator karena mereka "membawa" minyak esensial.

Carrier Oils
Biasanya bahan umum carrier oils adalah jojoba, argan atau minyak sweet almond. Mungkin Anda akan menemukan ratusan bahkan ribuan kombinasi carrier oils.

Semua carrier oil akan memberikan aroma dan sifat yang berbeda-beda. Dan inilah apa yang membuatnya menarik ketika Anda harus memilih di antara semua pilihan yang tersedia.

Essential Oils
Sekarang, minyak esensial merupakan minyak yang melengkapi campuran minyak brewok tersebut. Dalam satu botol minyak brewok dapat ditemukan (kadang-kadang bahkan) lebih dari 10 minyak esensial yang berbeda. Hal ini tergantung pada aroma dan sifat produsen minyak brewok yang ingin dicapai. Contoh minyak esensial (essential oils) seperti cedarwood, kayu putih dan minyak teh, dll.

Semua bahan-bahan minyak esensial ini diperlukan untuk aroma, vitamin dan mineral tambahan. Maka tidak jarang didapat dalam sebuah produk minyak brewok mengandung bahan-bahan seperti omega-3, vitamin E, B1, B2 dan sebagainya.

Minyak esensial didalam campuran minyak brewok biasanya dalam volume lebih kecil dibandingkan minyak carrier-nya. Kebanyakan dari minyak esensial merupakan adalah minyak yang berasal dari buah-buahan sitrat. keasaman dan agresivitas-nya yang dibutuhkan, misal seperti kemampuannya meresap kedalam kulit, menghilangkan iritasi kulit atau sebaliknya jika digunakan. Inilah mengapa kebutuhan minya esensial dalam sebuah produk minyak brewok hanya beberapa tetes saja sudah lebih dari cukup.

Bahan tambahan lainnya

Selain carrier oils sebagai operator dan minyak esensial, ada beberapa minyak brewok yang tidak hanya berhenti di situ. Mereka menambahkan wewangian dan bahan-bahan yang Anda tidak akan pernah membayangkan. Contohnya seperti tembakau, lemak sapi dan bahkan mesiu. Dan ini hanya 3 contoh dari ratusan campuran biasa.

Mengapa Anda harus menggunakan minyak brewok?
Tidak peduli berapa lama dan berapa panjang atau lebat brewok Anda, minyak brewok sangat dibutuhkan karena beberapa alasan.
  • Mengurangi rasa gatal
    Ketika Anda pertama kali mulai menumbuhkan brewok, Anda pasti akan merasakan gatal-gatal yang amat sangat. Terutama dalam beberapa minggu awal setelah rambut wajah Anda mulai tumbuh satu.

    Alasan gatal ini adalah bahwa rambut wajah yang tumbuh meruncing menembus kulit, itulah yang menyebabkan rasa gatal-gatal itu. Maka minyak brewok salah satunya berfungsi membuat rambut wajah lebih lembut dan mengurangi rasa gatal serta memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk rambut baru (vellus).

    Selain mengurangi gatal juga membantu kulit kering dan berketombe. Bahwa minyak alami dari kulit wajah Anda tidak akan cukup untuk menjaga rambut kelembaban kulitnya. Inilah sebabnya mengapa pemilik brewok perlu menggunakan minyak brewok.

  • Membuat brewok lebih lembut
    Minyak brewok mengandung bahan yang membuat brewok lebih lembut dan menjaga kelembabannya.

    Kebutuhannya tergantung juga pada area yang Anda tinggal dan iklimnya, minyak brewok dapat membuat perbedaan besar. Biasanya, iklim kering dan dingin akan menantang kulit Anda. Hal ini sama seperti ketika Anda menerapkan krim pada tangan Anda atau kondisioner pada rambut Anda, hal yang sama berlaku untuk brewok Anda.

    Minyak brewok akan membuat jenggot Anda sehat dan lembut. Dimana bahan-bahan yang terkandung didalamnya akan menjaga kondisi dan kesehatan brewok Anda. Bahan tersebut bersifat emolient dan meningkatkan retensi kelembaban alami.

  • Brewok akan lebih mudah diatur
    Kecuali Anda ingin tampilan alami dan shaggy, minyak brewok sangat membantu brewok lebih mudah diatur. Membuat brewok lebih lembut, minyak brewok membantu Anda menyisirnya dan membentuknya. Rambut wajah Anda tersebut akan lebih lembut dan rambut-rambut yang bercabang akan berkurang.

Apa yang harus diketahui sebelum membeli minyak brewok?
  1. Carrier Oils
    Carrier Oils yang berbeda akan memberikan pelumasan pada brewok, aroma dan sifat dari carrier oil yang digunakan. Minyak ini mayoritas terdiri dari campuran minyak brewok yang kadang-kadang mencapai 99% dari seluruh campuran.

    Harus ekstra hati-hati dan perhatikan betul jika Anda memiliki alergi terhadap salah satu bahan carrier oil tertentu. Ada carrier oil (minyak dasar) seperti sweet almond yang berpotensi menyebabkan reaksi alergi pada orang yang alergi terhadap almond. Hal yang sama berlaku untuk semua minyak carrier.

  2. Essential Oils
    Minyak esensial mungkin akan memberikan tambahan vitamin dan mineral serta aroma. Anda harus memastikan bahwa Anda membeli minyak brewok yang tidak hanya berguna tapi juga tidak mengganggu kenyamanan misal sangat terasa panas dalam waktu yang lama atau malah memberikan sensasi rasa gatal bahkan bau yang menyengat.

    Anda bisa melakukan penelitian kecil untuk mengetahui bagaimana bau dari masing-masing minyak esensial, misal cobalah untuk sesekali ke toko kosmetik dan menanyakan hal ini.

  3. Aroma dan bahan lainnya
    Beberapa minyak brewok juga mengandung wewangian atau bahan lainnya, seperti yang saya ulas diatas sebelumnya, seperti mesiu. Meskipun bahan ini memberikan perasaan gagah dan membuat mereka unik, pastikan bahwa Anda cocok dengan bahan tersebut, misal Anda bukanlah seorang perokok atau koki, bisa-bisa malah terbakar ketika menyulut rokok.


Tip: Jika Anda ingin bereksperimen dengan minyak brewok yang berbeda kegunaan dan aromanya, maka jangan membeli dalam botol yang besar. Dapatkan yang ukuran kecil, misal ukuran 10ml atau 20ml, sehingga Anda tidak akan menyesal membuangnya jika Anda tidak cocok.

Cara menggunakan minyak brewok?
Menggunakan minyak brewok bukanlah sesuatu yang rumit. Sebaliknya, sangat sederhana. Namun, Anda perlu berhati-hati dengan cara dan jumlah yang Anda terapkan pada brewok Anda, apalgi jika Anda memiliki kulit yang sensitif terhadap beberapa bahan carrier oil ataupun esensial oil, misalkan peppermint.

Berapa banyak
Dalam hal jumlah, cukup beberapa tetes untuk seluruh jenggot Anda. Jika Anda menggunakan terlalu banyak, malah akan membuat tampilan brewok sangat berminyak dan tidak nyaman.

Ada beberapa cara untuk menerapkan minyak brewok tetapi akhirnya semua hasilnya akan tetap sama.

Anda hanya cukup memastikan bahwa Anda menggunakan minyak brewok pada seluruh bagian rambut wajah Anda. Terlepas dari brewok Anda, jangan lupa untuk memperhatikan juga terhadap kulit Anda juga. Anda harus memastikan bahwa minyak brewok juga meresap pada akar rambut brewok Anda. Maka dengan cara ini Anda tidak hanya akan mempertahankan keindahan dan kesehatan brewok Anda tetapi juga kulit Anda.

  • Menggunakan tangan dan jari secara langsung
    Tuangkan beberapa tetes minyak brewok di tangan Anda dan gosokkan. Kemudian terapkan minyak brewok dari ujung rambut wajah mengarah ke dalam. Jangan lupa untuk sedikit memberikan pijatan menggunakan jari-jari Anda pada kulitnya agar meresap hingga ke akar rambut.

  • Menggunakan sikat rambut
    Tuangkan minyak brewok beberapa tetes pada sikat rambut. Mulailah dengan menyikat brewok Anda perlahan-lahan, meliputi seluruh bagian pada brewok Anda.

  • Menggunakan pipet dropper
    Kali ini, bukan menuangkan minyak brewok pada tangan Anda atau sikat, tetapi langsung di jenggot Anda. Hanya beberapa tetes saja pada brewok Anda sudah lebih dari cukup.
    Kemudian gunakan tangan Anda atau sikat rambut untuk meratakan minyak brewok pada rambut dan kulit.

Seberapa sering menggunakan minyak brewok?
Untuk perawatan Anda tidak harus sangat disiplin dan terjadwal, berbeda dengan masa ketika Anda ingin menumbuhkan brewok. Anda bisa menggunakan minyak brewok di pagi hari tepat setelah mandi. Biasanya dengan cara ini Anda akan memiliki brewok yang lembut dan bersinar sepanjang hari.

Waktu lainnya, Anda bisa menggunakan minyak brewok sebelum Anda tidur. Dengan menerapkan itu pada malam hari biasanya Anda akan memiliki brewok lebih lembut di pagi hari.

Adapun frekuensinya bervariasi tergantung pada beberapa faktor dan kebutuhan pribadi. Faktor-faktor seperti pekerjaan, aktivitas fisik, jenis kulit, usia, etnis mungkin memerlukan frekuensi yang berbeda.

Namun demikian, banyak pria lebih memilih untuk menerapkan minyak brewok setidaknya sekali dan kadang-kadang, ada pula yang dua kali dalam sehari.

Bereksperimen dengan minyak brewok, tidak akan menjadi ide yang buruk pula.
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2016. OmBrewok.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Google®