Home » » Cara Mengatasi Gatal-gatal Selama Masa Menumbuhkan Brewok

Cara Mengatasi Gatal-gatal Selama Masa Menumbuhkan Brewok

OmBrewok.com | Saturday, September 3, 2016

Pria brewokan makin populer lagi dan menjadi sebuah lifestyle tersendiri. Kebanyakan pria sekarang mulai mencoba menumbuhkan brewok dengan berbagai cara, banyak yang berhasil, namun tidak sedikit pula yang gagal total terutama bagi yang tidak memiliki gen brewokan. Uang sudah banyak keluar untuk beli ramuan ini dan itu, obat ini dan itu, sementara brewok boro-boro muncul, yang ada rambut selembar dua lembar saja tiap hari dielus-elus.

Permasalahan lain yang bakal menjadi masalah yang tidak diramalkan adalah gatal bahkan yang amat sangat.

Jadi, bagaimana mengatasi gatal-gatal ini? apakah dengan mencukur gundul semua brewok yang ada?

Menggaruk, ya, nggak diragukan lagi, pasti Anda akan melakukan hal ini, karena sayapun demikian. Gatal yang berlebihan dapat menyebabkan ruam yang buruk dan bahkan perdarahan dan dalam kasus-kasus tertentu bahkan menimbulkan infeksi. Jadi, tindakan menggaruk ini sebenarnya sangat tidak baik bagi pertumbuhan rambut dan kulit itu sendiri, dan belajar bagaimana menghentikan gatal dengan segera sebelum Anda menggaruk brewok Anda.

Selain itu, memperhatikan kesehatan brewok Anda adalah masalah menghormati waktu yang sudah dialokasikan untuk menumbuhkan brewok Anda dan yang paling penting menyangkut soal harga diri brewok Anda.

Mengapa brewok Anda gatal?
Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan brewok gatal, antara lain; brewok dan kulit kering dan kasar, brewok tidak rapi dan pemeliharaan yang tidak memadai hingga rambut yang bercabang.

Mengapa brewok Anda kering dan kasar.
Ada beberapa alasan mengapa hal ini terjadi. Rambut brewok pada dasarnya mirip dengan rambut di kepala Anda walaupun memang sangat berbeda, sehingga jika kulit Anda terlalu kering maka akan mulai merasakan gatal-gatal.

Hal ini terutama berlaku jika Anda memiliki kulit kering secara alami. serpihan kulit dan gatal terjadi karena kulit Anda telah kehabisan kelembabannya.

Cuaca dingin juga memainkan bagian yang sangat besar pada gatal-gatal di brewok Anda. Ini sangat umum bagi orang yang tinggal di daerah dingin dan berangin mengalami kulit dan rambut kering.

Kesadahan air juga merupakan faktor besar yang memberikan kontribusi untuk kekeringan pada rambut dan kulit. Saya yakin Anda sudah melihat ada yang berbeda pada rambut Anda ketika Anda mencuci di tempat baru jauh dari rumah, dan dengan sumber air yang berbeda terutama sumber air buatan seperti air PAM. Hal yang sama terjadi dengan brewok Anda.

Anda mungkin bertanya-tanya: jika brewok Anda adalah sama seperti rambut kepala Anda, kenapa tidak Anda menggaruk kepala Anda sesering Anda menggaruk jenggot Anda?

Itu pertanyaan yang valid. Jawabannya terletak pada perilaku krusial yang berbeda yang Anda miliki terhadap brewok Anda sebagai lawan terhadap rambut Anda: sementara brewok Anda sering mengalami cukur, tapi rambut kepala Anda hampir tidak pernah.

Rambut yang bercabang.
Mencukur habis brewok Anda bukanlah solusi untuk memecahkan gatal. Bahkan, mungkin membuatnya lebih buruk dan saya pernah mengalaminya sehingga saya sangat kapok untuk mengulanginya kembali, karena gatal-gatal tidak kunjung hilang justru kebalikannya dan hingga menimbulkan kondisi gatal yang menjadi masalah sehingga saya menggaruknya hingga timbul iritasi dan ruam. Jadi mencukur habis brewok bukanlah solusi dalam mengatasi gatal-gatal tersebut.

Ketika Anda mencukur brewok Anda, pisau akan mengiris helai rambut Anda dalam sudut tertentu dan tidak merata, ada pula bagian rambut yg tidak langsung terpangkas tapi sudah robek saja. Hal ini akan sangat mengganggu rambut utuk tumbuh terutama jika masih berupa rambut vellus atau rambut yang belum dewasa.

Hal ini akan bisa lebih parah jika Anda menggunakan pencukur rambut lama, pisau cukur yang tidak tajam yang tidak terpelihara dengan baik. Jika pisau tidak diminyaki atau tidak cukup tajam, pisau bukan mengiris rambut tapi benar-benar merusak sampai rambut terpangkas. Inilah mengapa Anda mungkin juga mengalami beberapa rambut serasa ditarik atau terasa seperti dicabut oleh pemangkas rambut atau gunting rambut.

Rambut baru yang tumbuh.
Rambut baru yang sedang dalam masa pertumbuhan, pada beberapa orang juga mengakibatkan gatal-gatal, saya pun mengalaminya pada masa grooming untuk menumbuhkan rambut brewok.
Perlu diketahu kembali, bahwa untuk menjadi rambut dewasa atau juga disebut dengan terminal hair, maka pertumbuhan sehelai rambut brewok melewati beberapa masa waktu.

Bagi yang sama sekali tidak memiliki rambut brewok (beard), kumis (mustache) dan cambang (sideburns) maka langkah pertama adalah menumbuhkan rambut vellus awal (vellus muda) dengan menstimulasi/merangsang folikel-folikel rambut pasif untuk "aktif" dan "hidup". Pada masa ini maka folikel mulai bertumbuh menjadi vellus awal dan keluar untuk menembus kulit, pada masa inilah biasanya rasa gatal akan mulai terasa bahkan menjadi sangat gatal sekali. Vellus awal biasanya berupa rambut tipis yang akalu dibiarkan maka akan tumbuh panjang namun tipis, belum berwarna hitam/gelap.

Seiring waktu bertumbuh, maka dalam 4 minggu - 8 minggu kedepan, vellus awal akan terus tumbuh dan berkembang menjadi vellus akhir yang tingkat kepadatannya lebih besar, lebih panjang dan lebih gelap.

Pada setiap orang, rasa gatal yang timbul sangat berbeda, ada yang selama masa grooming rasa gatal tidak hilang, tetepi ada juga yang hanya terasa beberapa tempo saja kemudian menghilang, kemudian muncul kembali dan seterusnya.

Bagaimana menghentikan rasa gatal-gatal itu?
Jadi, untuk mengatasi ini Anda perlu untuk mengetahui betul dari mana masalahnya.
Jika Anda sudah tahu bahwa gatal muncul ketika kondisi brewok terlalu kering solusi yang paling jelas adalah untuk mengembalikan atau memberikan kelembaban.

Tapi, hal pertama yang paling pertama diketahui adalah;

Silahkan cek kembali shampo yang Anda gunakan saat ini.
Gunakan shampo yang ramah untuk kulit Anda, dengan sebanyak mungkin bahan alami yang terkandung didalamnya.

Mencuci brewok Anda bisa membantu mengatasi gatal secara instan, terutama setelah melewati hari-hari yang panjang berada di luar ruangan.

Saya punya pengalaman pribadi dengan shampoo yang mengandung bahan-bahan alami pada persentase yang tinggi (lebih dari 80% dari campuran) tapi saya tidak bisa merekomendasikan mereka. Shampo natural melakukan cara yang lebih baik menjaga rambut brewok lebih lembut dan sehat.

Jika Anda mulai menggunakan shampo natural, Anda akan melihat setelah menggunakan seminggu atau lebih, brewok Anda menjadi lebih lembut, lebih mudah dikelola dan brewok yang gatal berhenti.

Gunakan conditioner setelah brewok dicuci.
Anda juga dapat mempertimbangkan untu menambahkan kondisioner kedalam shampo atau menggunakan konditioner setelah mencuci brewok Anda.

Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2016. OmBrewok.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Google®